Momentum HKN 2023, Dinkes Muna Terapkan Enam Transformasi Kesehatan

MUNA, FNEWS.id – Momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 yang mengangkat tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”, memberikan spirit bagi lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Muna.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna Samudra Taufik di sela-sela lomba pop singer menyambut HKN 2023 di pelataran Kantor Dinkes Muna, pada Jumat 3 November 2023.

banner 336x280

Taufik menyebut, ada enam tranformasi kesehatan yang wajib diterapkan di seluruh Indonesia, yakni tranformasi pelayanan primer, pelayanan kesehatan rujukan, ketahanan kesehatan nasional, sumber daya manusia, pembiayaan kesehatan dan tranformasi teknologi kesehatan.

Taufik bilang, Di Muna, enam tranformasi tersebut telah diimplementasikan di seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Taufik mengatakan, medio dua tahun terakhir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna telah mengimplementasikan tranformasi kesehatan ini. Menurutnya, jika transformasi ini tidak dilaksanakan, maka tema HKN 2023 tidak akan tercapai.

Sebab, energi positif dari tema HKN 2023 menjadi spirit bagi petugas kesehatan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan maksimal kepada masyarakat demi terwujudnya Indonesia maju.

“Tranformasi kesehatan di Indonesia tidak akan maju jika pelayanan tranformasi kesehatan di Muna tidak ikut maju. Olehnya itu kita berupaya semaksimal mungkin agar enam transformasi ini bisa terwujud di Muna,” kata Taufik yang ditemui di sela-sela lomba pop singer menyambut HKN 2023 di pelataran Kantor Dinkes Muna.

Pada kesempatan itu Taufik membeberkan, di tahun 2021 jumlah puskesmas di wilayah Muna berjumlah 30 unit. Setahun berikutnya yakni 2022, bertambah menjadi 34 unit puskesmas.

“Dan kabar baiknya, empat puskesmas baru ini telah terdaftar di kementerian kesehatan,” ujar Taufik.

Untuk diketahui, dalam rangka menyambut memeriahkan HKN 2023, Dinkes Muna menggelar sejumlah perlombaan yang dilaksanakan Jumat 3 November hingga Minggu 12 November 2023.

Lomba pop singer yang diikuti puluhan tenaga kesehatan (Nakes) menjadi pembuka kegiatan HKN 2023 di Muna. Jalan santai sehat yang bakal dimeriahkan ribuan nakes akan menjadi penutup hari kesehatan di Bumi Sowite.

Loading

Visited 10 times, 1 visit(s) today
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *