5 Program Bidang Kesra Jadi Prioritas Pj Gubernur Sultra, Rutilahu Masuk Prioritas

KENDARI, FNEWS.id – Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto yang sejak 5 September 2023 mendapatkan amanah memimpin bumi Anoa, fokus pada bidang kesejahteraan rakyat (kesra). Hal itu disampaikan dalam catatan akhir tahun 2023.

“Waktu tugas singkat di tahun 2023. Saya fokuskan pada beberapa langkah strategi,” kata Andap dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/12/2023).

banner 336x280

Andap menjelaskan, Pihaknya bekerja sama dengan seluruh tingkat II, untuk menuntaskan program tersebut.

“Ada lima prioritas kebijakan pembangunan kesra,” ungkap Andap.

Dengan gamblang ia mengurai, pada bidang sandang, pangan, dan papan, Pemprov Sultra menjalankan sejumlah program. Di antaranya perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu).

“Perbaikan rumah dilakukan masing-masing 43 unit di seluruh kabupaten/kota. Bahkan gerakan pangan murah secara serentak di seluruh kabupaten/kota juga akan dilakukan,” kata Andap.

Bidang kesra lainnya yakni pendidikan dan kebudayaan. Pemprov Sultra telah menjalankan sejumlah program, di antaranya penyaluran Program Indonesia Pintar bagi 49.058 siswa di 17 kabupaten/kota.

Selain itu, Pemprov Sultra telah menyalurkan beasiswa bagi 167 mahasiswa berprestasi di beberapa universitas. Di antaranya Universitas Halu Oleo, Universitas 19 November, dan IAIN Kendari.

“Di bidang kesra, kami juga menggelar festival kebudayaan Wakatobi Waves pada 2 sampai 6 November 2023 di Wakatobi. Kemudian, Sultra Tenun Karnaval pada 2 Desember sampai 3 Desember 2023 di Kota Kendari,” ujar Andap.

Sementara itu sejumlah program juga dijalankan pada bidang kesehatan dan jaminan sosial, salah satunya peningkatan layanan Puskesmas menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kabupaten Konawe Kepulauan, serta program lainnya.

Lebih lanjut Pemprov Sultra juga fokus pada bidang sosial, serta perlindungan hukum dan HAM. Dirinya menjelaskan, bahwa Pemprov Sultra menjalankan sejumlah program, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), dana hibah ke pengurus masjid, dan sebagainya.

“Pada bidang kesra kelima, yakni infrastruktur dan lingkungan hidup, kami juga telah melaksanakan sejumlah program. Di antaranya, soft launching pemanfaatan Jalan Kembar Kali Kadia-Jalan Z A Sugianto-Jalan H E A Mokodompit,” pungkasnya.

Loading

Visited 1 times, 1 visit(s) today
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *