Kesbangpol Muna Kawal Seleksi Calon Paskibraka 2024

MUNA, FNEWS.id – Badan Kesbangpol Kabupaten Muna saat ini mulai mengawal seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten pada Rabu 27 Maret 2024.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Muna, Amirudin Ako mengatakan, beberapa waktu yang lalu pihaknya telah melaksanakan sosialisasi pada sekolah tingkat SMA/SMK/MA se Kabupaten Muna. Hal itu menindaklanjuti pengumuman Pendaftaran seleksi Paskibraka tahun 2024 oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

banner 336x280

“Pendaftaran dibuka dari tanggal 23 hingga 27 Februari 2024 serta dilakukan secara online melalui website https://paskibraka.bpip.go.id/” ungkap Amir.

Dikatakan Amir, hingga tahapan pendaftaran dan seleksi berkas, pihaknya menerima sejumlah 353 berkas calon peserta.

“Dari 353 berkas yang masuk, terdapat 286 calon peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) melalui sistem CAT,” ungkap Amirudin.

Mantan Kadispar Muna ini bilang, CAT atau singkatan dari Computer Assisted Test adalah tes berbasis komputer, dimana nilai dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes.

Amirudin bilang, TWK dibagi menjadi empat sesi, setiap sesi terdapat 73 peserta yang mengikuti ujian dan pelaksanaanya dijadwalkan berlangsung selama dua hari.

“Nilai ambang batas kelulusan pada tes ini adalah 70, jika ada peserta yang memperoleh nilai dibawah 70 dinyatakan gagal dan tidak lulus,” ucapnya saat ditemui awak media ini, Selasa (25/3/2024).

Lebih lanjut kata Amir, selain tes wawasan kebangsaan (TWK), peserta juga akan mengikuti Tes Inteligensi Umum (TIU)

“Sistem pelaksanaan ujian ini secara online melalui aplikasi Perisai Paskibraka dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia,” katanya.

Amir berharap, para peserta bisa sungguh-sungguh untuk menjadi calon Paskibraka Kabupaten Muna tahun 2024, karena semua penilaian bersumber dari BPIP, sementara Kesbangpol hanya sebagai Fasilitator.

Tahapan selanjutnya para peserta yang dinyatakan lulus, dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan seleksi kesehatan dan parade, seleksi peraturan baris berbaris (PBB) dan kesamaptaan, serta seleksi kepribadian yang menjadi tahapan akhir dari seleksi calon Paskibraka.

“Di tahun 2024 Kabupaten Muna mendapat kuota sebanyak 64 orang pelajar Calon Paskibraka yang bertugas di Kabupaten Muna. Kemudian 6 orang siswa/siswi Calon Paskibraka yang akan dikirim untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara,” pungkas Amir.

Loading

Visited 818 times, 1 visit(s) today
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *