33 Peserta Asal Sultra Ikuti Pra UKW Yang Digelar via Daring Oleh PWI Pusat

KENDARI, FNEWS.id – Sebanyak 33 calon peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) antusias mengikuti pembekalan atau pra UKW yang diselenggarakan secara daring (Zoom Meeting) oleh PWI Pusat. Kamis (16/5/2024).

Dalam kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi tentang Kode Etik Jurnalistik, Hukum Pers, Penulisan Berita, dan Fotografi Jurnalistik, serta disampaikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu, praktisi jurnalistik senior, dan anggota Dewan Pers.

banner 336x280

Ketua PWI Sultra, Sarjono mengapresiasi semangat calon peserta mengikuti pembekalan dari narasumber, yakni Direktur UKW DR Firdaus Komar dan Penguji Uyun Ahdiat.

Ia mengatakan UKW merupakan tolok ukur profesionalitas wartawan dalam menjalankan tugasnya.

“UKW bukan hanya seremonial, tapi tolok ukur profesionalitas wartawan. Wartawan yang kompeten adalah wartawan yang menguasai kode etik dan hukum pers, serta mampu menulis berita yang akurat dan berimbang,” jelas Sarjono.

Sementara itu Darmono, salah satu peserta yang mengikuti pelaksanaan Pra UKW di sekretariat PWI Sultra, menyambut baik pembekalan persiapan menghadapi UKW mendatang pada 27-29 Mei 2024 di Kendari.

“Saya serius mengikuti pra UKW, karena materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang jurnalistik. Olehnya, dengan mengikuti pra UKW ini dapat lebih siap dalam menghadapi uji kompetensi dan menjadi wartawan yang profesional,” ujar Darmono.

Dengan memiliki wartawan yang kompeten, diharapkan pemberitaan di media massa akan semakin berkualitas dan berimbang.

Loading

Visited 12 times, 1 visit(s) today
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *