14 Kasus DBD Mengancam Masyarakat Mubar, Tertinggi Tiworo Tengah

- Jurnalis

Kamis, 18 Januari 2024 - 11:59 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi Cegah Demam Berdarah Dengue

Ilustrasi Cegah Demam Berdarah Dengue

MUBAR, FNEWS.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna Barat (Mubar) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap segala macam penyakit dengan memberlakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta senantiasa melakukan gerakan Menguras, Menutup, Mendaur ulang (3M) plus memantau. Pasalnya, pada awal Januari 2024 telah ditemukan 14 kasus DBD di Mubar.

Kepala Dinas Kesehatan Mubar, La Ode Mahajaya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyakit, terlebih dengan kondisi cuaca saat ini yang memasuki musim hujan.

Dirinya mengingatkan, beberapa jenis penyakit yang sering terjadi saat musim hujan yakni diare, DBD, leptospirosis, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), penyakit kulit serta penyakit pencernaan.

Untuk itu Mahajaya menyampaikan, dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar, masyarakat disarankan untuk selalu menguras tempat-tempat penampungan air serta menutup penampungan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

“Mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk dan jentiknya, serta menjaga kebersihan tubuh dengan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, membiasakan cuci tangan saat setiap kali habis bepergian di luar rumah dan melakukan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang bergizi termasuk mengonsumsi vitamin, membiasakan mandi setiap habis terkena hujan,” jelasnya. Kamis (18/1/2024).

Baca Juga:  Hadiri Mubes II IKA Akper, Wali Kota Baubau Ajak Alumni Bangun Dunia Kesehatan

Selanjutnya, ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman penyakit DBD. Kemudian, jika merasa diri mengalami gejala penyakit, segera memeriksakan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

“Menjaga pola makan yang sehat dan harus didukung dengan makanan yang bergizi serta senantiasa melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara berkala melalui gerakan 3M Plus,” terang Mahajaya.

Mahajaya bilang, selain mengimbau masyarakat, Dinkes Mubar juga terus berupaya melakukan pencegahan untuk menekan kasus DBD di Mubar.

“Dalam mencegah meningkatnya kasus DBD di Muna Barat, kami telah melakukan fogging pada Puskesmas Tiworo Tengah dan Puskesmas Tondasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes Mubar, Wa Ode Israyanti mengatakan, bahwa ada kecenderungan kenaikan kasus demam berdarah di musim hujan.

Trend ini sudah mulai terlihat karena dalam kurun waktu awal Januari 2024 ini, dimana terdapat 14 kasus baru.

Baca Juga:  Lindungi Masyarakat dari Risiko DBD, FPRB Lakukan Fogging di Lingkungan Perumahan

Wa Ode Israyanti menyebutkan, dalam 14 kasus itu, terdapat di wilayah Tiworo Tengah dengan ditemukan 5 kasus, Puskesmas Pajala 3 kasus, Tondasi 2 kasus, Barangka 2 kasus dan Marobea 2 kasus

“Tertinggi ada di wilayah Tiworo Tengah, ada 5 kasus,” ujarnya.

Sedangkan, Direktur RSUD Muna Barat, dr Syahril Fitrah mengatakan untuk pasien dengan kasus DBD yang dirawat di RSUD belum masuk sampai tahap kejadian luar biasa (KLB), sebab pasien DBD itu telah mendapat perawatan dari puskesmas terdekat.

“Alhamdulillah saat ini kasus DBD belum masuk kejadian luar biasa, karena pasien itu telah mendapatkan perawatan di puskesmas terdekat,” katanya.

Untuk diketahui bersama, Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah bentuk demam berdarah (DB) yang dapat mengancam jiwa. DBD adalah penyakit infeksi oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Negara beriklim tropis dan subtropis beresiko tinggi terhadap penularan virus tersebut. Hal ini dikaitkan dengan kenaikan temperatur yang tinggi dan perubahan musim hujan dan kemarau disinyalir menjadi faktor resiko penularan virus dengue.

Berita Terkait

Operasi Patuh Jaya 2024: Masyarakat Muna Dihimbau Tertib Berlalu Lintas
Plt Bupati Muna Dukung Penuh pembentukan PWI di Bumi Sowite
SKI dan Sudirman Klaim Paslon Pertama yang Melenggang Menuju Pilwali Kota Kendari
PBB Buka Pintu Untuk Bachrun Bertarung di Pilkada Muna
Bachrun Labuta Semakin Solid, Siapkan Deklarasi Relawan
18 Kampus Menjadi Tempat Pelaksanaan Kemenkes Goes to Campus
Safaruni Kawal Gerbang Muna, Ajak Masyarakat Bergabung
Nur Alam Ucap Maaf ke Masyarakat Tongkuno, Gelar Pamit Yang Tertunda
Berita ini 24 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 18:29 WIB

Operasi Patuh Jaya 2024: Masyarakat Muna Dihimbau Tertib Berlalu Lintas

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:11 WIB

Plt Bupati Muna Dukung Penuh pembentukan PWI di Bumi Sowite

Rabu, 3 Juli 2024 - 11:24 WIB

SKI dan Sudirman Klaim Paslon Pertama yang Melenggang Menuju Pilwali Kota Kendari

Selasa, 2 Juli 2024 - 22:27 WIB

PBB Buka Pintu Untuk Bachrun Bertarung di Pilkada Muna

Selasa, 2 Juli 2024 - 11:29 WIB

18 Kampus Menjadi Tempat Pelaksanaan Kemenkes Goes to Campus

Berita Terbaru

Ketua Penjaringan PBB Muna, Kaharudin Jalil saat menerima berkas pendaftaran Drs Bachrun, M.Si (Foto: Ist)

Berita

PBB Buka Pintu Untuk Bachrun Bertarung di Pilkada Muna

Selasa, 2 Jul 2024 - 22:27 WIB