Menkominfo Ajak Internalisasikan Filosofi Sunan Kalijaga

JAKARTA, FNEWS.id – Memasuki hari pertama kerja setelah libur lebaran, Kementerian Kominfo menggelar apel pagi dan Silaturahmi Halalbihalal Hari Raya Idulfitri 1445 H di Lapangan Anantakupa, Jakarta Pusat, Selasa (16/04/2024).

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan, momentum hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 H menjadi simbol kelahiran baru dan kesucian sebagai manusia. Hal itu selaras dengan filosofi Sunan Kalijaga yang mengenalkan ketupat.

banner 336x280

“Hari raya Idulfitri merupakan sebuah perayaan yang universal, sebagaimana tradisi di indonesia. Setelah sebulan penuh berpuasa sambil menata hati kita, momen lebaran menjadi simbol lahir baru dan suci, sebagaimana disimbolkan oleh ketupat,” ungkapnya.

Menurut Budi Arie, sebagai sebuah tradisi yang adiluhung, Sunan Kalijaga mengenalkan ketupat sebagai “ngaku lepat”, yang berarti mengakui kesalahan, kembali bersih, tercermin dari warna putih ketupat.

“Sungkem pada orang tua, saling memohon maaf dan doa menjadi tradisi yang patut dihayati tidak hanya pada lebaran saja, tapi juga dalam keseharian kita,” ujarnya.

Menkominfo mengajak semua sivitas Kementerian Kominfo untuk menginternalisasikan nilai filosofis dari Sunan Kalijaga dalam bekerja.

“Saya mengajak kita semua untuk menginternalisasi pesan Sunan Kalijaga tersebut dalam kultur bekerja di Kementerian Kominfo,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Menkominfo Budi Arie Setiadi menyampaikan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H kepada seluruh sivitas Kementerian.

“Disuasana yang penuh kegembiraan ini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H kepada seluruh sivitas Kementerian. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang disengaja maupun tidak,” tuturnya.

Budi Arie mengharapkan momentum halalbihalal dan Silaturahmi Halalbihalal menjadi momentum untuk mempererat persaudaraan.

“Kiranya, dengan berkumpulnya kita semua di tempat ini bisa menjadi momentum untuk saling memaafkan, menguatkan silaturahmi, serta mempererat persaudaraan,” tegasnya.

Dalam acara itu hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama serta sivitas Kementerian Kominfo yang hadir secara langsung maupun daring.

Loading

Visited 71 times, 1 visit(s) today
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *