Home / Blog / Tips

4 Ide Kegiatan Bersama Keluarga Mengisi Libur Lebaran Supaya Tidak Screentime Terus

- Jurnalis

Rabu, 3 April 2024 - 23:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

FNEWS.id – Tak terasa liburan hari raya Lebaran tahun ini segera tiba. Sudahkah anda memikirkan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama hari-hari libur Lebaran ini?.

Tentunya, momen Lebaran ini akan sangat berkesan bagi Anda dan keluarga, karena hanya bisa setahun sekali untuk merasakannya.

Dengan libur lebaran, maka aktifitas bersekolah juga ikut diliburkan sehingga hal ini merupakan hari yang sangat dinantikan oleh anak-anak. Tentunya, anak sudah memiliki keinginan untuk melakukan aktivitas yang seru untuk mengisi hari liburan sekolah mereka. Olehnya, hal tersebut seringkali menjadi PR baru bagi orang tua agar anak-anak bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat selama liburan sekolah.

Momen ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk quality time bersama keluarga tercinta. Artikel ini akan membahas mengenai ide kegiatan bersama keluarga untuk mengisi libur Lebaran, yang dirangkum fnews.id dari berbagai sumber.

  1. Foto Bersama Keluarga Besar

Salah satu alasan mengapa Hari Raya Idul Fitri selalu dinantikan dan banyak orang-orang yang rela berjuang agar bisa pulang ke kampung halaman adalah untuk bisa bertemu dan berkumpul bersama keluarga besar. Bahkan mungkin saja mereka memiliki momen untuk berkumpul bersama-sama hanya saat waktu Lebaran, karena kesibukan masing-masing.

Baca Juga:  Nastar, Kue Lebaran Yang Ada Sejak Zaman Kolonial

Oleh karena itu, manfaatkan momen sebaik-baiknya dan simpan momen tersebut dalam bentuk foto. Dengan demikian, momen berkesan ini bisa dikenang kembali di tahun-tahun berikutnya. Sebagai tips, mungkin Anda dan keluarga bisa kenakan pakaian dengan warna yang sama atau senada agar fotonya lebih rapi dan terlihat estetik.

  1. Dekorasi Seluruh Isi Rumah Bersama Keluarga

Mendekorasi ruangan-ruangan di rumah anda bersama dengan keluarga, membersihkan dan merapikan rumah saat menjelang Lebaran memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Selama liburan lebaran, anda bisa menata ulang kembali setiap sudut rumah untuk menciptakan suasana baru di hari Lebaran bersama anak. Selain menjadi terlihat berbeda dari biasanya, juga memberi suasana baru yang tidak membosankan, bahkan dengan begini juga suasana dalam keluarga bisa semakin lebih dekat karena menghabiskan waktu untuk mendekor rumah bersama-sama.

Aktivitas ini bisa mengisi waktu luang anak sekaligus bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan imajinasi dan kebiasaan bersih-bersih kamar, sehingga nantinya akan terbawa sampai dewasa untuk selalu rapi dan teratur.

  1. Membuat Makanan Khas Lebaran
Baca Juga:  Cara Menerjemahkan Video YouTube ke Berbagai Bahasa

Momen Lebaran memang tidak akan lengkap tanpa adanya sajian menu-menu khas yang biasanya memenuhi seisi meja. Agar quality time bersama keluarga lebih tercipta, Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk memasak makanan-makanan Lebaran tersebut bersama-sama. Menghabiskan waktu bersama keluarga pastinya akan lebih terasa menyenangkan sambil menikmati hidangan lezat dari makanan yang dibuat. Sebagai contoh, makanan yang bisa Anda buat bersama keluarga adalah makanan-makanan Lebaran seperti opor, semur, ketupat, dll atau makanan seperti kue kering pun bisa Anda buat bersama-sama dengan keluarga.

4. Mengunjungi panti asuhan

Dengan mengunjungi panti asuhan kita nengajarkan anak untuk berbagi pada sesama sehingga akan menumbuhkan rasa welas asih dan peduli pada orang lain, agar kelak anak bisa memahami sebagai orang yang berbudi memiliki empati yang tinggi terhadap sesama.

Selain itu mereka bisa melihat begitu banyak anak-anak yang tidak memiliki orang tua dan kehidupan sebaik dirinya dengan begitu, akan membuat anak selalu bersyukur dan menerima kondisi yang ada.

Demikianlah beberapa rekomendasi ide kegiatan seru selama liburan lebaran bersama keluarga.

Berita Terkait

Nastar, Kue Lebaran Yang Ada Sejak Zaman Kolonial
Cara Menerjemahkan Video YouTube ke Berbagai Bahasa
Berita ini 94 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 4 April 2024 - 00:48 WIB

Nastar, Kue Lebaran Yang Ada Sejak Zaman Kolonial

Rabu, 3 April 2024 - 23:03 WIB

4 Ide Kegiatan Bersama Keluarga Mengisi Libur Lebaran Supaya Tidak Screentime Terus

Sabtu, 30 Maret 2024 - 21:13 WIB

Cara Menerjemahkan Video YouTube ke Berbagai Bahasa

Berita Terbaru

Ketua Penjaringan PBB Muna, Kaharudin Jalil saat menerima berkas pendaftaran Drs Bachrun, M.Si (Foto: Ist)

Berita

PBB Buka Pintu Untuk Bachrun Bertarung di Pilkada Muna

Selasa, 2 Jul 2024 - 22:27 WIB